Mendidik Anak dengan Kebaikan

Moms dan dads prihatin banget deh..:( melihat pergaulan anak-anak sekarang, banyak berita di TV di koran tentang kelakuan anak-anak zaman sekarang seperti tawuran, mencuri, merampok, melawan orang tua, narkoba hingga pergaulan bebas.. Jangan sampai ya moms dads ini terjadi sama anak-anak kita.. Na'udzubillah ..!!

Terkadang saya pun berfikir apa bisa saya nantinya mendidik anak-anak saya menjadi anak-anak yang soleh dan solehah?? Namun saya menyadari bahwa anak adalah memang tanggung jawab saya dan suami saya, kami yang menginginkannya dan Alhamdulillah diberikan titipan oleh Allah maka kami berdua yakin bisa mendidik anak-anak kami dengan baik. Tentunya kami pun punya pedoman yaitu Al-Quran. dan semuanya harus didasari keikhlasan (dari dalam hati)

Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Anak merupakan titipan dari Allah SWT, hatinya yang bersih dan suci merupakan perhiasan yang sangat berharga. Bila anak dilatih dengan kebaikan niscaya ia akan tumbuh menjadi orang yang baik dan bahagia dunia akhirat. Begitu juga sebaliknya.
Maka, moms dan dads latihlah, didiklah, bimbinglah anak-anak kita dengan segala kebaikan. 

Caranya adalah dengan mengajarkan akhlak yang baik serta menjaganya dari segala hal yang buruk. Memang tidak mudah kita sebagai orang tua dalam mendidik dan mengajarkan anak salah satu kuncinya adalah bersabar. Dan berilah contoh segala kebaikan pada anak-anak, karena anak merupakan peniru yang handal.

Seorang anak secara fitrah diciptakan dalam keadaan siap menerima kebaikan dan keburukan. Kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya cenderung pada salah satu diantara keduanya. Rasulullah pernah bersabda:

"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, dan kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi " (HR Bukhori)



Pengingat untuk saya dan para orang tua lainnya bahwa mendidik anak adalah tanggung jawab yang dibebankan kepada orang tua dan menjadi amanah yang dipikulkan di atas pundak para pendidik, kelak Allah akan meminta pertanggungjawaban dari kita. Maka, mulailah dari sejak dini mengenalkan kebaikan pada anak-anak kita

Mendidik dan mengajar anak bukan perkara yang mudah dan bukan pekerjaan yang bisa dilakukan sesekali. Ini merupakan kebutuhan pokook dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua orang tua. Allah berfirman :

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu..."(Ath-Tahrim: 6)

Mengajarkan,mengarahkan dan mendidik anak adalah usaha untuk mendapatkan surga dan mengabaikannya semua itu berarti neraka. Dengan demikian tidak ada celah untuk menyia-nyiakan tugas ini, mendidik dan mengajar anak merupakan suatu KEWAJIBAN.






Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment