Manfaat Membacakan Cerita untuk Si Kecil

Moms, pernah membacakan dongeng atau cerita pada si kecil? Ternyata ada beberapa manfaat loh moms membacakan cerita untuk si kecil.

Membaca tidak hanya sebagai pengisi aktivitas dengan si kecil loh moms tapi ada beberapa manfaat membaca yang perlu moms ketahui, dan menjadikannya alasan mengapa moms perlu memperkenalkan buku pada si kecil sedini mungkin.

1. Untuk perkembangan bahasa. Saat moms membacakan buku pada si kecil, dia belajar suara dasar, pola dan ritme suara untuk berbicara, perbendaharaan kata, arti kata dan konteks penggunaannya.

2. Melatih memusatkan perhatian khususnya mendengar dan mengingat. Dengan menggunakan macam-macam suara untuk berbagai karakter, moms membantu si kecil belajar aturan dasar komunikasi percakapan, yaitu, bila ada orang berbicara, orang lain mendengarkan. Begitu sebaliknya.

3. Perkembangan informasi. Meski awalnya si kecil belum bisa mengikuti cerita atau dialog, secara bertahap ia akan belajar menghubungkan antara gambar, peristiwa, tindakan dan obyek dengan kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikannya. Ia juga akan belajar obyek, warna, angka, bentuk dan penjelasan yang membantunya memetakan lingkungan, misalnya, bagaimana cara menggunakan obyek tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

4. Perkembangan sosial. Kebersamaan yang tercipta saat Anda membacakan cerita pada si kecil memberinya rasa aman, dicintai dan diperhatikan. Selain itu, ekspresi dan intonasi suara moms mengajarkannya berbagai emosi manusia.

5. Perkembangan kognitif yang membuat sikecil memahami lingkungan dan perannya dalam lingkungan itu.

6. Membiasakan si kecil pada buku sehingga kelak mencintai aktivitas membaca.

Yuk, mulai biasakan si kecil membaca buku mulai dari sekarang! Sudah punya buku untuk dibacakan moms??

Semoga bermanfaat ya moms... :)

Sumber :
Ayahbunda
Parenting

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment