Zyan : "Hewanku Kelaparan !!!"


Assalamualaikum Wr,Wb parents !! Yeaaayy sudah hari Jumat, saatnya memasuki weekend, tp untuk bermain bersama anank gak ada kata libur yaahhh parents .. he..he...

Zyan hari ini benar-benar penuh energi, lari sana lari sini gak ada capenya *emaknya ngos-ngosan. Tapi melihat anak seperti itu adalah hal yang sangat menyenangkan yaaa memang walaupun terkadang melelahkan he..he.. Masa-masanya Zyan ini memang sedang tumbuh, belajar dan mengeksplorasi semua yang dilihatnya. Maka saya bertekad tidak akan merasakan lelah untuk mendampingi Zyan melakukan segala eksplorasinya terhadap semua hal daaannn yang pasti sambil merangsang dan mendorong aktivitasnya tersebut. Yang pasti untuk selalu mendorong tumbuh kembangnya dan melatih keterampilan motoriknya juga. ya..ya..ya.. itulah kegiatan wajib saya setiap hari.. ;-D


Seperti biasa saya selalu menghabiskan waktu main.. main dan main dengan Zyan *tp gak lupa jg tugas rumah tangga..he.he..Nah, kebetulan beberapa waktu lalu saya melihat blognya mba Dian Ismyana yang judulnya DIY Memberi Makan Hewan, dan saya tertarik mencobanya kepada Zyan. Tapi yang saya bikin lebih sederhana karena Zyan pun masih kecil, jadi hanya bermodalkan kertas dan print saja.. hehehe.. dan kebetulan printer warna dirumah tintanya habis jadi saya warnai sendiri *lagi rajin.

Penampakan gambar hewan dan makanannya

Gambar hewan dan makanannya saya ambil dari internet, print dan langsung warnai. Jangan lupa bolongi bagian mulut hewannya. Dibawah gambar hewan tadi saya taruh toples untuk tempat masuknya makanan. Sangat sederhana bukan. Kenapa saya buat sederhana?? karena Zyan baru 2 tahun jadi gak mau diam kalo saya sedang membuat media bermain jadi saya buat sangat sederhana. hehe *alesan.. Ini dia ketika Zyan bermain..

Sibuk memilih makanan...
Sebelum saya ajak untuk bermain, saya bertanya dulu mengenai gambar-gambar hewan dan makananny tersebut dan..haaappppp ternyata Zyan sudah paham dan mengetahui semua *tepuk tangan.. Makanan seperti rumput, pisang dan wortel saya satukan menjadi satu wadah alhasil Zyan harus memilih dulu. Dan dia pun mulai sibuk memilih dan bingung mau hewan apa dulu yang dikasih makan..tuing..tuing..

Akhirnya sang Monyet diberi makan terlebih dahulu....
"Monyetnya laper muy, Zyan mau kasih pisang ahh..." happp... pisang pun meluncur ke mulut monyet. Lucunya lagi ketika tiga buah pisang sudah dimasukkan kedalam mulut monyet Zyan berkata "Udah muy, monyetnya kenyang katanya". ha.ha.ha. Begitu pun yang terjadi pada kelinci dan kambing..

Sang Kelinci juga diberi makan
 
Ketika saya menelisik lebih dalam, ternyata permainan edukatif ini sangat cocok juga untuk Zyan (2th) kenapa???? yang pertama *lagu tombo ati
  • Memancing daya imajinasi Zyan. Dengan bermain ini Zyan mengumpamakan gambar-gambar hewan itu seolah2 nyata dan dia benar-benar menyuapi hewan-hewan tersebut. Setiap memasukan gambar pisang ke gambar monyet dia selalu berkata "ammm.. dan bertanya enak gak pisangnya, monyet??" ha..ha.. begitu juga dengan kelinci dan kambing. " kelinci, kamu lapar ya??ni Zyan kasih woltel". 
  • Merangsang motorik halusnya. Karena permainan ini memerlukan gerakan-gerakan kecil yang melibatkan jari-jari tangannya untuk memilih makanan dan harus memasukkannya tepat kedalam mulut hewan. Menurut saya ini melatih kemampuan motorik halusnya
  • Melatih perkembangan otaknya. Secara teori memang Zyan telah memahami bahwa monyet makan pisang, kelinci makan wortel, dan kambing makan rumput. Dalam praktek permainan ini Zyan harus bisa memilih makanan yang tepat untuk masing-masing hewan. Menurut saya ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan keseimbangan otak kanan dan kirinya. Teori dan Praktek!!
  • Belajar menyayangi hewan dengan cara memberinya makan.
Dan Zyan pun senang. Ketika tiga hewan tersebut dirasa Zyan sudah kenyang, seketika itu dia langsung mengobrak-abrik semuanya sampai berantakan.. Dan permainanpun usai..

Itulah kegiatan saya dan Zyan hari ini. Setiap hari terasa menyenangkan. Ayoo parents amati terus perkembangan anak-anak kita sehingga kita selalu bisa memberikan pengaruh yang positif pada setiap tahap perkembangannya supa anak-anak kita menjadi lebih cerdas. GOOD LUCK PARENTS

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

12 comments:

  1. pada banyak yg posting ginian ya, tp anakku masih baby :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mak.. lagi heitsss.. hehehe.. buat nanti mak anaknya masuk usia balita.. skalian stimulasi perkembangannya.. ;)

      Delete
  2. Wah kreatif.. Saya jadikan bekal nanti kalau sudah punya anak, hehehe...

    ReplyDelete
  3. Kreatif Mak. Mau buat jg aah buat ponakanku yg buanyak itu hihihi

    ReplyDelete
  4. wah, menginspirasi sekali.. jadi pingin niru jugaaa buat anakku yang belum sekolah untuk melatih perkembangan otaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo di coba mak, pasti seneng anaknya, buat stimulasi otak juga..:)

      Delete
  5. Seru yaa, byk yg bisa dipelajarin sama Zyan, insya Allah mau buat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mak, seruu banget main ini, cuma namanya anak2 kalo udah bosen, langsung di sobek-sobek.. heheh

      Delete