YUK DIET KANTONG PLASTIK



Yuk Diet Kantong Plastik



Assalamu'alaikum Wr Wb

Yuk Diet Kantong Plastik. Semua pasti sudah tau donk, kemarin tanggal 21 Februari 2016 pemerintah melakukan uji coba kantong plastik berbayar. Waahh, gemana nih ibu-ibu tanggapannya?? secara yaa, ibu-ibu paling sering belanja *ngerasa* hehe.. Mulai sekarang penggunaan kantong plastik akan dikenakan biaya minimal 200rupiah/kantong plastik. Kalo belanja banyak,yaaa lumayan deh biayanya. Namanya keputusan pasti lah banyak berbagai tanggapan mengenai keputusan pemerintah ini. Ada yang setuju dan ada yang gak setuju. Ayoo siapa yang setuju dan siapa yang gak setuju??? kalo saya termasuk yang setuju. Kenapa? Yuukk simak ini.

APA SIH KANTONG PLASTIK?

Kantong Plastik tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita

Kantong plastik ini merupakan salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian manusia. Semua orang pasti pernah menggunankan kantong plastik, betul gak ya? yaa kantong plastik adalah kantong yang biasanya digunakan sebagai pembungkus atau pembawa barang. Tapi, gak jarang juga yaa kita lihat sebagai penutup kepala jika hujan dan pembungkus kaki disaat banjir supaya sepatu tidak basah #pengalaman hehe.. Penggunaan kantong plastik sebagai bungkus barang belanjaan memang tidak bisa dilepaskan dengan industri perdagangan. Dari mulai warung, toko klontong, toserba, sampai swalayan besar semuanya menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus barang.  Dan konsumen pun sangat nyaman membawa barang dengan menggunakan kantong plastik karena simpel dan sesudah itu bisa langsung dibuang atau pun disimpan untuk untuk keperluan lainnya. 

BAHAYA KANTONG PLASTIK



Kita sering menggunakan kantong plastik tanpa menyadari bahwa ada bahaya dibalik penggunaan kantong plastik tersebut. Apa bahayanya?

Pencemaran Lingkungan

Kalo soal sampah plastik, saya yakin setiap orang pasti hampir melihatnya setiap hari, entah itu dipinggir jalan, dijalan raya, ditempat sampah, disungai, ditaman, bahkan tempat wisata. Memang sangat disayangkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Tentunya hal ini merupakan pencemaran lingkungan. Dengan membuang sampah plastik sembarangan maka akan terjadi penyumbatan diselokan sehingga selokan akan mampet dan air tidak dapat mengalir. Banyaknya masyarakat yang membuang sampah ke sungai juga dapat mengakibatkan penyumbatan aliran air sungai dan tentunya merusak ekosistem sungai dan laut. Penyumbatan air sungai inilah yang menyebabkan banjir bisa terjadi. Banyaknya curah hujan tidak dapat ditampung oleh sungai karena penyumbatan sehingga terjadilah banjir. 

Perubahan Iklim

Berasa gak sih? kalo sekarang bumi semakin panas. Yaa salah satu penyebabnya adalah pemanasan global (Global Warming). Nah, salah satu penyebabnya adalah kantong plastik. Ah masa? yup, dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya plastik ini menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim yang menjadikan bumi semakin panas. 

Berbahaya Bagi Manusia

Sering gak sih melihat orang membakar sampah plastik? Kantong plastik yang dibakar tentunya mengakibatkan pencemaran di udara dari asap yang dihasilkannya. Tidak itu saja jika asapnya terhirup oleh manusia juga bisa menyababkan gangguan pernafasan. Baunya tuhh gak enak banget *batuk-batuk* #pengalaman hee,, Pembuatan kantong plastik yang menggunakan bahan-bahan kimia ini juga berbahaya jika dijadikan sebagai kantong makanan karena racun pada kantong plastik bisa berpindah ke makanan.. hiiiiii sereemm..

Terurai Sangat Lama

Butuh ratusan bahkan ribuan tahun untuk plastik bisa terurai dengan tanah karena rantai karbonnya yang panjang dan pastinya ini menyulitka mikroorganisme dalam tanah untuk mengurainya. Bayangkan saja jika kantong plastik yang kita pakai dan buang saat ini baru akan terurai ratusan tahun lagi. Coba bayangkan lagi ini.. berdasarkan hasil penelitin Badan Lingkungan Hidup, dalam satu hari setiap orang dapat menggunakan tiga kantong plastik. Bagaimana dengan seminggu, sebulan, setahun dan seterusnya dikalikan dengan jumlah penduduk. Saya gak sanggup membayangkannya. huufftt....

DIET KANTONG PLASTIK

Karena hal-hal yang mengerikan tadi, saya sangat setuju dengan diberlakukannya uji coba kantong plastik berbayar. Setidaknya dengan hal ini, kita dapat berfikir ulang untuk menggunakan kantong plastik. Dan semoga saja hal ini dapat mengurangi sampah plastik juga. Yuuk mulai sekarang kita diet kantong plastik. Kita mulai lebih bijak menggunakan kantong plastik. Terutama untuk para ibu-ibu rumah tangga, yang tidak terlepas dari kegiatan belanja. Kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar untuk mengurangi kantong plastik dan membawa kantong (bisa terbuat dari kain, anyaman, kertas) sendiri dari rumah/reuseable shopping bag. Ayoo Kita Diet Kantong Plastik !!! Yuuk ikut diet kantong plastik disini. 

^^Fera^^


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

12 comments:

  1. aku baru bs diet kalok belanja sayur doank ni mak, kudu ditingkatin lg deh yak, sip, makasih infonya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mak, kita diet, kadang aku jg masih suka pake nih, apalagi kalo kepepet hihi

      Delete
  2. Setuju bgt, semoga bisa merambah sampai pasar tradisional juga ya, ga hanya di mini market dan spm. Klo blnj k psr pun biasanya aq sdh bawa kantong besar pny sendiri dr rmh..praktis tinggal plung2, ga perlu d bungkusin plastik kecil2 dulu dr penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull mak dewi kalo bisa sampe pasar tradisional..sepakat!! ayoo lanjutkan mak dewi

      Delete
  3. pengen bisa mbak, tapi sekarang belum, semoga bisa mewujudkan diet kantong plastik segera.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mak Tetty, kita mulai dari sekaranga,, hehe *kompor*

      Delete
  4. setuju banget sama diet kantong plastik,
    mosok sekali ke pasar bisa bawa pulang sampe puluhan biji >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak tanti,kalo ke pasar plastik yang kecil-kecil banyak, tambah lagi yang gede,, hadeeuhh..

      Delete
    2. bener mak tanti,kalo ke pasar plastik yang kecil-kecil banyak, tambah lagi yang gede,, hadeeuhh..

      Delete
  5. Siap-siap nih kantong kain untuk belanja.
    Kemarin malam aku belanja di salah satu supermarket, belum diberlakukan untuk diet kantong plastik :D

    ReplyDelete