ANAK SUKA MEMBANTAH



Dear Parents,
Beberapa waktu lalu seorang ibu curhat katanya anaknya sekarang suka banget membantah gak bisa dibalingin, ngeyel ataulah bahasanya gt.. dikasih tau gak mau nurut akhirnya saya pukul dan kurung aja dia dikamar mandi (OMG.. gak sanggup ngbayanginnya lagi nangis trus dikurung dikamar mandi) sungguh terlaluuuu klo kt bang Haji Rhoma.. Anaknya kisaran usia 5 tahunanlah. Bt para orang tua tolonglah jangan terlalu ekstrim menghukum anak apalagi masih usia balita. Boleh saja menghukum anak tp dengan bijaksana . YANG JELAS MEMUKUL ATAUPUN HUKUMAN FISIK itu SALAH.
Parents, kebanyakan dari kita tentunya sangat tidak suka menghukum anak termasuk saya juga T_T. tapi terkadang kalo sdh lelah,letih mendengar anak rewel, bandel, pasti ada aja godaannya pengen jewerlah, pengen nyubit lah, ngebentaklah, melototlah sampe mata keluar (lebayy) yang kadang ga bs ditahan juga. Saaabbbaaarrrr yaa parents!!!
Parents, jangan terlalu cepat menghukum anak karena mereka membantah dan tidak menurut perkataan kita, sebelum menghukum anak hendaknya kita bisa menerima bahwa anak membantah itu adalah fase perkembangan dia menuju besar yang harus dilewati.. Jadi bersabarlah!! Kita pun harus sadar bahwa anak membantah bukan berarti anak tidak menghormati kita.  Kalo kata pengamat parenting kalo anak membantah itu berarti dia sedang berhipotesis karena dia sudah pintar, sudah banyak hal-hal yang dia mengerti  dan dia tahu so, dia punya pendapat sendiri dan jika dia tidak setuju maka akan membantah. Anak akan memperlihatkan aksi penolakannya jika tidak setuju dengan orang tuanya (WOW.. tandanya anak kita sudah pintar.. Alhamdulillah, bersyukurlah parents J). Hanya saja anak belum tahu cara menyatakan ketidaksetujuannya dengan tepat, hingga terkadang mereka marah, menangis, bahkan berteriak.
Sekarang tinggal kita orang tua yang harus bijaksana menghadapi kepintaran anak tersebut. Jika si anak sering membantah, tanyakan dulu mengapa dia melakukannya. Bertanyalah dengan suara yang lembut dan senyuman jangan lupa memuji anak sesaat setelah kemarahan anak mereda. Pada saat seperti ini baik kita ataupun anak harus sama2 berkepala dingin, tidak ada emosi. Ajarkan anak juga bahwa berbeda pendapat itu adalah hal yang wajar dan boleh saja mereka mempertahankan pendapatnya dengan syarat lakukan dengan benar. Jika melakukan dengan emosi maka hasilnya tidak benar.  Perlu diingat ya parents jangan terlalu cepat menghukum anak jika mereka membantah, berilah pengertian dulu, beri kesempatan mereka bicara dalam hal sekecil apapun. SEMANGAT PARENTS.. TERUSLAH ASAH KESABARAN KITA.. SEMANGAT…!!!
^^Fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment