POTTY TRAINING ALA SUPER Zyan

Kapan ya anak kita siap untuk potty training.. yuupp kadang itulah yang ada dibenak para orang tua ketika balitanya sudah hampir menginjak usia 2tahun (termasuk saya). Potty training atau training toilet ini adalah proses balita untuk BAB dan BAK di toilet atau kamar mandi seperti orang dewasa. Zyan berhasil training toilet ini ketika usia memasuki 1 tahun 6 bulan. yaa lumayan moms pengeluaran membeli popok berkurang. Berasa bingiiittttt...

Transisi dari popok ke toilet ini merupakan perubahan psikologis yang signifikan pada buat Zyan, yang biasanya dia anteng mau pipis kapan aja, sekarang dia harus pipis di toilet, tentunya dia harus ngomong. Tidak mudah memang melatih anak untuk buang air ke toilet, training ini sangat membutuhkan kesabaran, waktu dan tentunya bimbingan yang intens dari moms. sabarrr ya moms...!! Alhamdulillah di usia 2th Zyan sudah tidak BAB dan BAK (walopun sekali2 dia khilaf pipis sembarangan..hihihii).  Nah ini cara saya moms buat zyan saat dia Training toilet:
  1. Memastikan Zyan siap. Saya sebagai ibu dari zyan selalu mengamati pertumbuhan dan perkembangan Zyan stp detiknya. Sampai akhirnya saya memutuskan bahwa zyan sudah bisa training toilet. Pertama sebelum dua tahun zyan sudah pandai berkomunikasi dengan baik, sudah pandai berekspresi pada sesuatu termasuk jika mau BAB dan BAK, popoknya selalu kering dimalam hari. Karena itulah saya pastikan bahwa Zyan siap untuk training toilet. Dan Zyan pun bersemangat mengikuti proses training toilet.
  2.  Mengenalkan kamar mandi. Sejak zyan sudah bisa berdiri dan berjalan saya selalu mengajaknya kekamar mandi, pastinya pada saat mandi, mengajak dia membersihkan kamar mandi bahkan saya ajak mencuci mainannya dikamar mandi. Nah, pada saat itulah saya mengenalkan semua isi kamar mandi dari mulai bak dan kegunaanya, gayung, sikat tolet, termasuk kegunaan toilet untuk BAB dan BAK.
  3. Mengatur Jadwal. Untuk pertama saya coba mengamati kapan zyan biasa BAK dan BAB. Ini untuk mengatur interval ke kamar mandi. siklus Zyan pada saat pertama training itu jam 8-9 BAB dan satu jam sekali saya ajak ke kamar mandi untuk pipis.selanjutnya mengatur asupan cairan buat zyan ini pun untuk mengatur interval kekamar mandi, kalo malem saya gak terlalu banyak kasih minum supaya gak ngompol.
  4. Saya selalu mengajarkan Zyan bagaimana posisi jongkok/duduk di toilet. Bagaimana caranya membersihkan WC dan membersihkan alat kelaminnya setelah BAB dan BAK. Tapi untuk saat ini Zyan blm mampu membersihkan sendiri karena masih terlalu kecil (2th), tp tetap saya menjelaskannya untuk menerangkan caranya agar dia terbiasa. Lalu ajarkan Zyan mencuci tangan setelah aktivitas tersebut.
  5. Sebagai orang tua harus konsisten. Jika kita sudah memutuskan bahwa anak kita mampu, kitapun sebagai orang tua harus konsisten menjalankanya pastinya dengan kesabaran yang besar. Konsisten ini tujuannya agar Zyan tidak bingung. 
  6. Saya juga memasang stiker kartun kesukaan zyan seperti stiker doraemon dan menaruh ikan kecil dikamar mandi. Dan selalu katakan bahwa setiap orang pasti BAB dan pipis dikamar mandi. Ketika dia malas saya juga pernag mengatakan bahwa doraemonpun pipis dikamar mandi. Dan Zyan pun selalu semangat ke kamar mandi jika ingin pipis dan BAB. 
  7. Memberi pujian. Saya selalu memberi pujian ketika Zyan berhasil pipis dan BAB di toilet untuk menambah kepercayaan dirinya. Saya selalu 'tos' dengannya menandakan bahwa dia sudah melakukan hal yang benar. Yahh walaupun terkadang masih terjadi hal-hal yang tdk diinginkan 'pipis sembarangan' hindari kita untuk marah dan menghukumnya. kalo Zyan cukup katakan 'Muyya, gak suka tuh Zyan pipis sembarangan'. Jika kita marah dan menghukumnya hanya akan membuat balita kita takut dan malah mungkin malah tidak mau mengatakan bahwa dia ingin pipis.
  8. Dan Akhirnya Zyanpun berhasil training toilet. (tp kadang msh suka angot jg sih... tp jarang bgd, hehehe masih dalam panduan jg ) 
Oia moms jangan pernah tinggalkan balita sendirian dikamar mandi ya, untuk menghindari kecelakaan seperti terpeleser atau balita memasukkan benda2 dikamar mandi kedalam mulutnya. Dan memang ini membutuhkan kesabaran yang ekstra, kadang hari ini mau, besok gak mau, besoknya lagi ngambek.. heheh namanya balita moms.. Intinya jangan memaksa anak jika memang mereka tidak mau melakukanny. Bersabarlah sampai anak benar-benar terbiasa tanpa popok... SEMANGAT PARENTS...!!!! SEMOGA BERHASIL!! tiiingggg....

^^Fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments:

  1. Pasti sekarang Zyan udah makin pinter deh :)

    Salam,
    Puput

    ReplyDelete