Budaya Antri Yang Mulai Luntur


Assalamualaikum. Wr. Wb.....

Hari ini sesuai rencana saya mau pergi ke salah satu pelayanan umum untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk alias KTP biasa menjadi KTP  elektronik. Saya melihat orang-orang sudah memiliki KTP elektronik tapi KTP saya masih konvensional dari kertas dan di laminating weeewwww jadul banget gak sih?? Beberapa hari sebelumnya saya sudah bertanya mengenai persyaratan apa saja yang harus di siapkan untuk mengurus perubahan KTP ini yang pertama KTP lama, Kartu keluarga dan Surat pengantar RT yang kebetulan sudah saya urus hari minggu kemarin..#terima kasih pak RT .. persyaratan pun sudah siap.. saya pun baru sempat hari ini untuk pergi ke kantor pelayanan umum karena hari senin kemarin saya harus mengajar. Setelah pekerjaan di rumah selesai saya memutuskan untuk pergi ke kelurahan bersama Zyan tentunya.. Zyan selalu saya bawa pergi kemana-mana karena memang saya tidak berniat menitipkan Zyan pada siapapun kecuali dengan Buyanya. Akhirnya saya dan Zyan pergi ke kantor pelayanan tersebut. 


Sesampainya di kantor itu ternyata memang tidak sepi ya.. hehehe *ngarep… Antrianpun lumayan panjang, sesampainya diruang pelayanan saya harus mengisi absensi untuk selanjutnya dipanggil.. #lupa liat nomer antrian berapa lg.. hadeeuuuhhhh.. Tik….tok…tik…tok… waktupun berjalan, hanya ada 2 orang petugas yang harus melayani sekitar 50 orang (itu juga masih banyak yang berdatangan) whaaatt!!!??? Kapan selesainya pikir saya, awalnya Zyan anteng dan duduk manis sambil saya ajak ngobrol, saya duduk dibarisan paling depan, nah.. disini saya melihat ada beberapa orang yang baru datang dan tidak menuliskan nama di absen tapi langsung dilayani.. dan ternyata orang tersebut kenal dengan petugasnya.. huufftttt gak mau komenin ini ah.. karena orang-orang selanjutnya pun banyak yang tidak mengisi absensi dan bs langsung duduk dikursi pelayanan. .. Dan saya semakin terbelakang.. akhirnya Zyanpun jenuh dan mulai rewel… sampai akhirnya saya putuskan untuk pulang ke rumah.. Banyak yang bilang memang budaya antri di Indonesia itu masih minim.. ada yang setuju???angkat tangan????hehehe.. sering lihat juga di tv dimana orang saling mendahului antara satu dengan yang lain walaupun datangnya belakangan. … ckckckckck.. kasian yang niat pengen antri beneran semakin terbelakang… *nasib..nasib


Antri oh antri… antri biasanya sangat terkait dengan pelayanan umum, contoh kongkrit banyak sih yang paling jelas biasanya bisa terlihat dijalanan kalo sedang ada penyempitan jalan yang membuat jalanan macet sehingga kendaraan harus jalan satu persatu tapi masih ada aja yang sulap selip sana sini  tidak sabaran *paling gemezzzz liat yang kaya gini.. padahal mereka sudah tau bahwa itu berbahaya. Atau ditempat pelayanan umum lainya seperti kantor pemerintahan, rumah sakit dll .. 


Huuufffttt memang budaya antri ini sangat berkait dengan kesabaran dan kesadaran seseorang ya.. Tapi kalo melihat orang-orang sekarang sepertinya kesabaran dan kesadarannya sudah makin tersingkir yang didahulukan adalah egoisme pribadi ckckckck.. ya Allah jangan sampe kaya gitu.. waahhh gaswat bu ibuuu!!!! Bisa dijadiin contoh lagi kalo ada pembagian sembako gratis oleh para pengusaha atau pejabat pasti aja ada korbannya keinjeklah, pingsan bahkan ada yang meninggal,, na’udzubillah!!seringkan kita lihat di tv??? Semua ini diakibatkan karena ketidaksabaran dan ketidaksadaran gak mau antri dan saling desek-desekan untuk saling mendahului.  Boleh jadi ini karena kesulitan ekonomi dan banyaknya persoalan yang dihadapi sehari-hari. Wahh..wahh.wahhh.. ngeriii.. budaya antri sudah mulai luntur..tur..tur..

Tapi tunggu dulu masih ada sih beberapa pelayanan umum di beberapa rumah sakit dan bank memang sudah nenggunakan tiket antri. kalo sudah kebagian tiket mau tak mau harus menurutinya. kalo masih tidak mau antri maka yaaaa tidak dilayani. Kalau bisa sistem ini bisa ditiru oleh semua pelayanan umum. 

Budaya antri ini benar-benar pelajaran buat saya yang sedang mendidik anak untuk bisa membiasakan budaya antri sejak dini yaa lewat hal-hal kecil dl. Sejatinya kita semua belajar etika, termasuk etika untuk mengantri sejak dini. Belajar menghormati hak-hak orang lain karena setiap orang punya kepentingan dan keperluannya sendiri2 begitu juga kita. saya rasa tidak ada satu orangpun yang ingin haknya diambil oleh orang lain. 

Budaya mengantri dan menghormati hak-hak orang lain ini sangat penting diajarkan kepada anak-anak , ini menjadi catatan penting saya sebagai orang tua dan pengasuh anak usia dini untuk bisa menanamkan etika untuk menghormati hak orang lain. #catettt... Saya pernah mendengar cerita dari seorang teman yang sudah lama tinggal di Jepang, bahwa mengajarkan etika adalah hal yang paling diutamakan disana, para guru disana lebih khawatir jika anak-anak didiknya tidak bisa mengantri dibandingkan jika anak tidak bisa berhitung. .. Luaarr biasa yahh... harusnya ini bisa ditiru oleh nergeri kita tercinta ini *semoga

Saya rasa budaya antri di negri ini sudah mulai terabaikan, namun jangan putus asa parents... jangan sampai ini menular ke generasi dibawah kita. Ayooo kita bangkitkan lagi dengan membiasakan dan mengajarkan anak-anak kita, orang terdekat kita dan tentunya tidak lupa kitapun terus berusaha dan belajar mendisiplinkan diri sendiri untuk menghormati hak orang lain. Ajarkan budaya MALU jika tidak punya etika yang baik dalam segala hal. SEMANGAT...!!!

^^Fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment