[sharing] Menangani Zyan yang Aktif



Menangani Zyan Yang Aktif         

Assalamu'alaikum Wr Wb


Menangani Zyan yang aktif. Punya anak aktif?? Apa yang dirasakan parents?yup..yup..berjuta rasanya (kaya jatuh cinta hehe). Ini yang saya rasakan kalau melihat Zyan. Melihat anak aktif itu gemesss. Ada aja tingkahnya yang bikin saya senyum, ketawa terbahak-bahak, mengerutkan dahi, kesel, marah sampai menahan emosi yang bikin muka merah dan gak enak makan hihihihi... Melompat kesana-kemari, berlarian, memanjat adalah beberapa hal yang hampir setiap hari dilakukannya. Kebayang donk setiap hari saya harus berjaga-jaga untuk menangkapnya karena takut Zyan jatuh. Kadang kalau sudah terlalu berlebihan saya berkata "Zyan, mau denger muyya gak?". Zyan jawab "mau muyya". "Zyan itu kan perempuan, kalau Zyan jatuh nanti gemana?" tanya saya. "yaa sakit muyya." jawabnya singkat. Hadeeeuuhhh, anak sekarang pinter ya jawab pertanyaan orang tua..hehe, Melompat-lompat di tempat tidur seakan naik trompolin sambil menyanyi, melompat dari tempat tidur ke lantai seakan naik pesawat dan mendarat dilandasan, mendorong bangku sendiri dan menaiki rak atau meja, membuka lemari dan buuummmm semua isinya berpindah tempat keluar lemari, eing..ing..eng.. itulah yang setiap hari  hampir dilakukan Zyan. Seru ya parents,,*menghela nafas* hehe..

Awalnya saya bingung menghadapi Zyan yang aktif ini, bahkan terkadang saking aktifnya, Zyan sering di cap "anak bandel" atau "nakal"  >,<  oleh beberapa orang diluar sana, padahal hal ini yang paling saya hindari, bahkan saya tidak berani berkata bahwa dia "nakal" atau "bandel". Saya juga sempat berfikir mungkin memang sedang masanya Zyan seperti ini. Saya pernah baca artikel memang umumnya anak 2-3 tahun memiliki kebiasaan seperti Zyan tapi apabila melebihi rentan waktu tersebut maka dapat dikarenakan pola asuh orang tua. Nah lho!! Maka dari itu saya terus berusaha mengelola keaktifan Zyan agar menjadi anak yang kreatif .. Aamiin.  Semoga berhasil ya parents..(yuk kita coba) SEMANGAT.. 

Zyan adalah tipe anak yang aktif bergerak dan sangat aktif berbicara juga, maka saya harus ekstra mengelola kedua keaktifan Zyan ini. Kemampuan berbicara sudah terlihat di usianya menginjak satu tahun, Zyan mulai mengoceh dengan kata-kata yang jelas tanpa cadel, hanya kesulitan di huruf R saja menjadi L, selebihnya normal. Saya ingin sedikit sharing beberapa hal yang saya coba terapkan pada Zyan, memang sih gampang-gampang susah menerapkannya, tapi tidak ada salahnya untuk terus mencoba.. 

Menunjukan rasa kasih sayang. Ini memang perilaku yang sangat sederhana, tapi saya yakin efeknya sangat besar untuk anak. Contohnya setiap pagi ketika Zyan bangun tidur saya selalu mencium dan memeluknya, tujuannya apa?supaya moodnya dihari itu baik, sekaligus kira bisa mengajarkan kepada anak mencintai dengan cara yang menyenangkan. Begitu juga ketika hari itu Zyan sedang badmood, cengeng dan ngambek saya selalu memeluk dan menciumnya, supaya dia tenang.

Tidak terlalu membatasi anak dengan banyak larangan ini itu. Zyan sangat suka bergerak dan tidak suka diam kecuali tidur ;-D . Itulah sifatnya saat ini. Kalau saya terlalu membatasi geraknya tidak boleh ini dan itu maka dia akan merasa terkungkung (kan kasian). Saya percaya ada saatnya nanti dia bisa mengikuti aturan. Justru saya khawatir jika terlalu dilarang maka dia akan memberontak,duuhh.. jangan sampe ya.. *ketok meja*. Maka saya tidak terlalu membatasi geraknya. Yaa tentunya dengan pengawasan yang super ekstra dan ada pengarahan dulu sebelumnya. Yang pasti saya ingat adalah awasi tanpa membuatnya terbatas.

Kegiatan rutinnya adalah menaiki meja.
Dan akhirya seperti ini.

Memberikan pengarahan yang baik dan mudah dimengerti. Sadar kemampuan bicara dan menalarnya berkembang dengan baik.Maka komunikasi adalah hal yang tidak boleh dilupakan setiap harinya. Pengarahan demi pengarahan saya coba berikan pada Zyan. Zyan pun sudah sedikit mengerti mengenai sebab-akibat. Misalnya ketika dia bermain tanah diluar, saya tidak langsung melarangnya tapi memberikan pengarahan dulu 
"Zyan, tanah kotor gak?"tanya saya. 
"kotor muyya" jawabnya. 
"coba lihat tangan Zyan, kotor gak?"
"ihhhh kotor muy. ada cacingnya yah" seru dia. Sambil lari menuju kran air untuk cuci tangan. Yaaa walaupun besoknya dia tetap melakukannya tidak masalah, karena maksud saya bukan melarangnya bermain tanah, tetapi mencuci tanganlah yang harus dia lakukan setiap habis bermain. karena kotor itu belajar,, hihihi iklan!! Yaa begitulah seterusnya. Pada saat dia melompat,lari, manjat dll.

Menaiki bangku dan mengganggu itulah Zyan. Senangnya..
Mendengarkan Ceritanya. Di usianya yang sudah menginjak 2y2m, Zyan sudah pandai bercerita, mulutnya tidak pernah berhenti mengeluarkan kata-kata. Maka setiap hari saya selalu meluangkan banyak waktu untuk mendengarkan dia bercerita, saya yakin dengan mendengarkan dia bercerita itu bisa membuatnya tenang dan senang serta tanggapilah ceritanya dengan baik. Biasanya Zyan bercerita tentang kejadian yang pernah dialaminya atau mengarang ceritanya sendiri.. hihihi.. salah satu bakatnya yaaa itu tadi mengarang cerita.  Zyan sangat cepat menangkap sesuatu, inilah yang saya takutkan ketika dia mendengar kata-kata yang tidak pantas atau kasar. Saat ini saya sangat membatasi dia menonton acara televisi apalagi tanpa ada pendamping muya atau buyanya.

Kapanpun, dimanapun, sedang apapun, bibir Zyan tidak diam.. ;-D

Manasehati tanpa amarah. Inilah yang paling susah, dan saya sedang sangat berusaha sekali melakukan ini, karena jujur saja, saya sebagai manusia biasa juga pernah marah daaaann apa yang terjadi??yaaaa PENYESALAN.. hiks..hiks.. Saking aktifnya pastinya kadang kita merasa marah, kesal dan jengkel. Namun hindarilah membentak anak dengan amarah. Cobalah untuk menenangkan diri kita dan nasihati anak dalam keadaaan tenang. Ayoo terus berusaha,,!!*nasehatin diri sendiri*

Memberikan permainan yang kreatif. Menyadari Zyan aktif bergerak dan berbicara, maka saya memutar otak untuk memberinya permainan yang kreatif juga. Biasanya saya mencari refrensi di internet untuk model permainannya seperti puzzle, playdough, menggunting, mengenal bentuk dll, membelikan boneka yang bisa bernyanyi dan mengaji agar Zyan bisa mengikutinya. 

Salah satu permainan yang Zyan suka. Bermain Playdough.

Membiarkan Anak membantu pekerjaan rumah. Pernahkan ketika sedang menyapu atau mengepel lantai tiba-tiba si kecil merebut sapu atau lap pelnya?yaa itu juga sangat sering dilakukan oleh Zyan. hmmm mulanya saya agak kesal juga, kalo seperti ini kapan bisa selesai pekerjaan rumah. Tapi lama-lama ketika saya amati ternyata Zyan senang melakukan itu semua. Dan akhirnya sekarang jika dia mau merebut sapu atau lap pel saya biarkan saja sejenak samapai dia melepasnya sendiri. Karena saya melihat ada kesenangan dia disana. Dan mudah-mudahan kelak ketika dia dewasa akan senang membantu saya mengerjakan pekerjaan rumah. hehehe..

Ini dia, yang selalu Zyan lakukan ketika saya menyapu.
"Aku yang nyapu yah muyaa". Ucapnya..

Menemukan kegiatan yang disukainya. Saat ini saya melihat Zyan sangat suka menyanyi dan bercerita sambil bermain. Entah itu sedang melompat, berlari, memanjat pasti di selalu bernyanyi atau bercerita. Maka saya coba asah kemampuan menyanyi dan berceritanya dengan mendengarkan murotal, lagu-lagu anak sampai dongeng. Semoga saja ini bisa menjadi bakat.

Kesabaran dan Ketekunan. Inilah yang harus dimiliki setiap orang tua tentunya. Tidak hanya sekali dua kali kita mengarahkan anak lalu anak itu mengerti, karena kemungkinan besar si anak akan mengulang kesalahan yang sama. Itulah anak-anak. Disinilah kesabaran orang tua sangat dibutuhkan, jangan sampai kita bosan bersabar pada anak saat melakukan kesalahan yang berulang. Kesabaran jika dibarengi dengan ketekunan memang tidaklah mudah tapi saya yakin hasilnya kelak akan memusakan kita. SEMANGAT!!!

Sekarang saatnya kita stop mencap anak yang aktif itu "nakal" atau "bandel" karena anak yang aktif itu bisa lho kita arahkan sehingga menjadi bakat, tentunya dengan pola asuh dari parents yang optimal. Jangan cepat bosan dalam mendidik anak. Bersabar dan konsisten adalah kuncinya. Dalam proses mengajarkan anak kita harus konsisten, teruslah melakukannya berulang-ulang dan memberikannya kasih sayang yang cukup karena sangat berpengaruh penting pada perkembangan psikis anak. Selain itu jangan lupa selalu luangkan waktu untuk anak sehingga dia akan selalu merasa nyaman dan merasa terlindungi. Salam Semangat!!

Bagaimana dengan parents?boleh yukk sharingnya kita berbagi pengalaman, siapa tau bisa saling bertukar pengalaman :)

^^Fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

4 comments: