Aktivitas Zyan Latih Keseimbangan

Assalamualaikum Wr. Wb....

Haii Parents... Mau share ni,, salah satu aktivitasnya Zyan untuk melatih keseimbangan. Usia Zyan sekarang 2 tahun 1 bulan. Untuk anak-anak seusia Zyan memang keseimbangan tubuhnya belum matang betul, karena saya sering lihat Zyan masih sering jatuh. Oleh karena itu tubuhnya masih butuh rangsangan-rangsangan untuk membantu perkembangan keseimbangannya. Karena saya full mom buat Zyan maka saya selalu bermain dengan Zyan, tentunya bermain yang dapat merangsang segala tumbuh kembang Zyan di usianya yang masih balita dan yang pasti menyenangkan untuk Zyan. Seperti yang parents ketahui bahwa usia balita adalah usia emas (golden age) dimana otak si kecil masih akan berkembang, dan tentunya kita sebagai orang tua sangat berperan penting dalam tumbuh kembang mereka. Banyak yang harus diperhatikan oleh parents menyangkut perkembangan si kecil, menurut saya yang paling penting salah duanya yaitu nutrisi dan rangsangan yang tepat untuk balitanya. Kenapa nutrisi dan rangsangan???... eng.. ing.. eng..

Nutrisi. Maksudnya adalah asupan makanan yang bergizi bagi anak usia balita agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. betul gak parents??.. Berikan balita makan makanan yang sehat dan seimbang. Saya juga sangat berusaha memberikan makanan yang sehar untuk Zyan, perhari Zyan harus mengkonsumsi nasi, sayur, daging, ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan, saya mengolahnya dengan sedikit garam dan gula. Pokoknya harus seimbang ada karbohidratnya, proteinnya, seratnya, vitaminnya dan mineralnya. Apalagi Zyan aktif banget lari sana sini gak bisa diem. Dan pastinya dengan nutrisi yang seimbang perkembangan otaknya pun akan baik.

Rangsangan atau stimulasi. Nah, dengan nutrisi yang baik dan seimbang balita akan mampu beraktivitas dan bermain dengan baik. Rangsangan ini kita berikan pada saat mereka bermain tentunya dengan permainan yang menyenangkan. Begitu juga dengan saya untuk memberikan rangsangan untuk melatih keseimbangan setiap hari  Zyan setiap hari lewat permainan... Naaaahh ini dia aktivitas Zyan :

Senam. Zyan suka banget mengikuti gaya senam "bebek berenang". Saat Zyan senam dan mengikuti gerakan senamnya disitulah Zyan mulai belajar mengkoordinasikan mata untuk melihat instruktur senam di tv, telinga untuk mendengar lagunya, pinggul, tangan dan kaki untuk mengikuti seluruh gerakannya... Pokoknya Zyan girang kalo lagi senam, sampe lagunya hafal .. wkwkwkwk..
Dari senam ini pun sudah banyak gerakan yang menunjukan aktifitas untuk merangsang keseimbangan anak seperti menirukan pesawat terbang, melompat, menirukan gaya bebek dan masih banyak lagi

Melempar dan manangkap bola. Untuk permainan ini hampir setiap hari Zyan lakukan bersama saya, hal ini untuk melatih keseimbangan antara otak kanan dan otak kirinya. 

Melompat. Saking aktifnya Zyan suka banget sama yang namanya lompat, ada lobang dikit lompat, naik trotoar turunnya lompat dari tempat tidur lompat juga.. wedeehh deg-degan juga nih emaknya.. Kadang dia melompat dengan dua kaki dan sekarang dia hampir bisa dengan satu kaki. Melompat dengan kaki satu ini sangat efektif untuk melatih keseimbangan karena hanya bertumpu pada satu kaki.. Emaknya juga susah nih lompat pake kaki satu hehehe faktor umur #eh....

Berjalan di seutas tali. Aktivitas ini juga saya berikan untuk Zyan untuk melatih keseimbangan tubuhnya. Saya bentangkan tali di atas lantai dan Zyan harus berjalan di atas tali tersebut. K


Saya sering sekali mengajak Zyan main di taman dan di sangat suka berjalan di trotoar yang hanya mempunyai lebar lebih leber sedikit dari lebar kakinya dan haaaappp Zyan bisa melakukannya... horeeeee..

Berdiri berjinjit. Zyan memang agak susah nih untuk aktivitas yang satu ini. Zyan belum bisa seimbang menahan berat tubuhnya sendiri. hmmmm tapi lama kelamaan saya yakin dia bisa.. Semangat yaa Zyan.

Bermain sepeda. Bermain sepeda merupakan salah satu aktivitas rutin Zyan di sore hari. Duduk diatas sepeda juga bukan perkara yang mudah untuk anak seusianya, karena dibutuhkan keseimbangan. Ini juga menjadi salah satu aktivitas Zyan dalam melatih keseimbangan tubuhnya. 



Yaa inilah sedikit dari aktivitas Zyan dalam merangsang ke seimbangan tubuhnya. Mungkin parents ada yang mau nambahin????boleh langsung dikomen ya.. Oia parents jangan lupa selalu awasi balitanya dalam setiap aktivitasnya. Masa keemasan anak ini tidak berlangsung lama. Maka kita sebagai orang tua harus bisa memberikan perhatian penuh kepada sang buah hati, manfaatkan waktu untuk bermain bersama ini sebagai cara terbaik untuk tumbuh kembangnya sebagai bekal mereka nanti..  SEMANGAT MENJADI ORANG TUA !!

^^Fera^^











Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

7 comments:

  1. Nice share mak:) yg berjalan d tali aq bikin juga utk anak,tapi pakai kertas d tempel d lantai, trus selain jalur lurus, ada juga yg zig zag, siku,dsb. syg ga sempet d foto:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Dewi ;) Masih belajar nulis nih mak. Salam kenal mak Dewi ;-) ,, Zyan belum coba yang zig zag, masih lurus aja,, boleh nih nanti di coba..

      Delete
  2. Anakku usia 3 tahun, tapi rasanya belum terlambat utk menstimulasi sambil main kyk berjalan di tali itu
    Trims idenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga terlambat mbak masih 3th, Ayoo semangat mbak..:-)

      Delete
  3. waaah bundanya zyan rajin yaa...
    ahza juga ikutan ah permainan keseimbangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,iya nih bunda Ahza kebetulan banyak waktu luang buat anak,,ayoo kita main.. :-)

      Delete
  4. waah usia segitu pas lagi aktif2nya mbak.
    rajin nih mamahnya melatih motoriknya.

    ReplyDelete