Membuat dan Bermain Playdough

Assalamualaikum Wr Wb Parents!!


Aktivitas apa nih parents yang hari ini dilakukan bersama si kecil???? Kebetulan saya dan Zyan kemarin bermain plaudough, karena Zyan lagi gandrung banget sama mainan satu ini. Tadinya saya berniat mau membeli beberapa bungkus playdough untuknya, tapi Zyan kadang-kadang suka masukin sesuatu ke mulutnya jadi worry juga .. hmmm saya kepikiran untuk membuat sendiri saja supaya lebih aman buat Zyan.. Bermain playdough ini sangat bermanfaat lho parents buat perkembangan otak si kecil. Banyak konsep-konsep yang bisa kita ambil dari permainan satu ini seperti : warna, ukuran, tekstur yang pastinya kreatifitas si kecil, hmmm kalo zyan sekarang ini cuma bisa bikin bola dan sosis atau ular katanya.. hihihih ..

Ketika anak membuat suatu bentuk dari playdough maka si anak akan melakukan kegiatan meremas, menggulung, menekan, memotong bahkan membanting (ketika bosan :-)) yang berfungsi untuk merangsang motorik anak. saya mau share sedikit aktivitas Zyan kemarin.. cekidot.. ^^..

Awalnya saya siapkan bahan dan alat :
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Blenderan cesim (saring) untuk warna hijau
  • Air
  • Minyak sayur 
  • Baskom
Dalam membuat playdough ini saya juga melibatkan Zyan. Pertama siapkan baskom, masukkan tepung terigu dan garam, aduk sampai rata.

Aduk tepung dan garam sampai rata
Setelah tepung dan garam tercampur rata masukkan blenderan cesim yang sudah disaring untuk menghasilkan warna hijau. Untuk warna ungu bisa campur bit, orange bisa menggunakan wortel.

Campurkan adonan tepung dengan blenderan cesim hijau
Setelah tercampur, aduk-aduk adonan sampai tercampur rata dan kalis (tidak lengket di tangan). Aktivitas ini juga dalam rangka menstimulasi motorik juga lho parent, mengaduk!! Setalah agak kalis lalu campurkan minyak sayur.
Campurkan minyak sayur ke adonan.
Setelah itu aduk kembali sampai kalis.. sampai terbentuk menyerupai playdough..

Playdough ssiappp main!!
Yaaa.. itulah parents proses pembuatan playdough untuk bermain Zyan. Happy banget dia dengan semua prosesnya. Setelah ini Zyan menjadi asik bermain playdough buatanya sendiri. hehehe...

Zyan Asik Bermain dengan Playdough buatanya sendiri
Sambil membuat playdough ini saya memperkenalkan semua bahan dan alatnya kepada Zyan sehingga menambah perbendaharaan kata untuk Zyan. Saya berusaha mengajak Zyan terlibat aktif dalam membuat bentuk-bentuk tertentu.

"Z, yuk kita membuat kura-kura!!" ajak saya.
"Ayooo muyyy.."
"Zyan mau bikin apanya dulu?" tanya saya
"Aku mau bikin kaki dulu." ujar Zyan

Lalu membiarkan sejenak Zyan membuat kura-kura, ternyata dengan bermain playdough ini Zyan juga menjadi pandai berimajinasi. Dalam foto diatas Zyan sedang berusaha membuat kura-kura. Sambil bermain palaydough Zyan berkata " Ini kepalanya, ini batoknya, ini kakinya" Itulah imajinasi kura-kura yang ada di pikirannya.. he..he.. lalu Zyan berteriak.. "muyya,,kura-kura akuu udah jadi." sambil mengangkat hasil karyanya.. (tapi yang jadi bukan kura-kura hihi). "Subhanalloh, kura-kuranya bagus, horeee Zyan pinterr" ucap saya sambil tepuk tangan

Saya memang selalu mengutamakan komunikasi dalam berbagai momen tumbuh kembang Zyan, maka ketika dia bermain sekalipun saya selalu mengajaknya untuk terlibat aktif dalam pembicaraan, tentunya dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang mudah dipahami oleh Zyan. Sambil bermain saya pun mengajak Zyan menyanyi dan bersholawat. Jangan lupa memberikan apresiasi berupa pujian untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Banyak konsep yang bisa dilakukan sambil bermain playdough seperti mengenal warna, menghitung bola, mengenalkan bentuk dll. 

Itulah sedikit share saya mengenai aktifitas saya dan Zyan... parents punya kegiatan apa?? 
GOOD LUCK Parents!! ^^fera^^

Zyan gandrung bermain playdough :-)
 





Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

4 comments: