Memupuk Rasa Percaya Diri Pada Anak

Asslamualaikum Wr.Wb Parents yang Shalih dan Shalihah....

Kepercayaan diri adalah buah. Bibitnya adalah perasaan bahwa dirinya berharga dan perasaan bahwa dirinya mampu, sehingga ia berbatang gambaran diri yang baik dan utuh. 
(POHON PERCAYA DIRI ALA JEPANG).
Dan hal ini perlu dilatih dari RUMAH 
smile emotikon




Memiliki seorang anak adalah anugrah terindah untuk semua orang tua. Memiliki anak adalah suatu nikmat yang tidak bisa dinilai dengan apapun tapi terkadang bisa membuat kita stress juga he..he.. Sudah sepatutnya kita sebagai orang tua bisa mengajarkan dan menyampaikan nilai-nilai yang baik semenjak kecil. Kita tentunya sebagai orang tua menginginkan anak-anak yang baik dalam segala hal, sholih/ha, akhlaknya, sifatnya, sikapnya, berempati tinggi, percaya diri dan bisa unggul di bidang yang kelak akan digeluti. Menurut saya, rasa percaya diri adalah salah satu fondasi terpenting untuk bisa mewujudkannya. Maka hal ini otomatis menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk bisa membangun dan memupuk percaya diri pada anak.

Kita sebagai orang tua pun harus memberikan kepercayaan pada anak, supaya mereka yakin akan kemampuan mereka sendiri. Saya ingin berbagi sedikit mengenai cara membangun dan memupuk rasa percaya diri pada anak saya Zyan, dan ini Insha Allah akan saya terapkan terus pada Zyan.

1. Membangun komunikasi yang baik dan jadilah pendengar yang baik untuk anak.


Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam membangun dan memupuk rasa percaya diri pada anak. Dengan komunikasi anak dan orang tua akan membangun hubungan yang baik dan sehat. Masa anak-anak adalah masa-masa mereka ingin tahu segala hal yang ada di dunia maka dengan komunikasi yang efektif kita sebagai orang tua harus bisa memberikan jawaban-jawaban yang positif agar si anak tidak merasa bingung dan takut. Dengan komunikasi yang efektif anak akan lebih merasa nyaman dan aman bersama orang tuanya dalam mengeksplorasi sesuatu.

2. Mengekspresikan keyakinan atas kemampuan anak secara terbuka

Bentuk dorongan yang terbaik dari orang tua adalah mengekspresikan keyakinan kita atas kemampuan anak secara terbuka. Selalu perhatikan hal apa yang pernah mereka lakukan dengan baik di masa lalu dan selalu bimbing mereka untuk menjadikan pengalaman-pengalaman itu sebagai sumber meningkatkan kepercayaan diri.

3. Berikan pengakuan atau pujian pada saat yang tepat dan tidak berlebihan


Praktek penting lainnya dalam membangun rasa percaya diri anak adalah dengan memberi pengakuan atau pujian pada saat yang tepat dan tidak berlebihan. Selalu katakan yang sebenarnya sesuai kenyataan. Yang penting adalah bahwa mereka mendapatkan beberapa bentuk penegasan ketika mereka melakukan suatu hal dengan baik.

4. Tunjukkan Sikap saling menghargai dan jangan terlalu memaksa



Selalu menunjukan sikap menghargai bahwa kita sebagai orang tua selalu menghargai setiap pendapatnya, janganlah menunjukkan sikap bahwa orang tua merasa paling benar, tunjukkan sikap saling menghargai sekalipun keinginan si anak tidak bisa kita penuhi. Dan jangan pernah memaksa si anak untuk menuruti semua keinginan kita karena anak merusak rasa percaya diri si anak. Jikapun harus mengkritik, kritiklah dengan cara yang tepat supaya tidak menurunkan rasa percaya diri si anak.

5. Menjaga kedekatan dengan anak sesibuk apapun


Selain merasa aman dan nyaman, kedekatan anak dengan orang tua juga sangat mempengaruhi rasa percaya diri si anak. Curahkanlah waktu untuk mendengar cerita mereka, terlibat dalam beberapa kegiatannya, dan selalu luangkan waktu untuk bermain dengan mereka.

6. Ajarkan anak tanggung jawab dan disiplin



Memberi pemahaman akan bertanggung jawab dan disiplin adalah salah satu cara memupuk rasa percaya dirinya. Berikan pemahaman dan contoh nyata kepada anak akan pentingnya tanggung jawab dan disiplin dan mulailah dari hal-hal yang kecil seperti membereskan mainan ketika sudah selesai dan menaruhnya kembali ke tempat semula. Ajarkanlah secara konkrit dan konsisten. Dengan tertanamnya rasa tanggung jawab dan disiplin maka anak akan lebih percaya diri menghadapi dunia luar.

7. Biarkan anak membantu sesuai kemampuan



Pecaya deh parents meski masih kecil, mereka sudah bisa kok, seperti  membawakan kantung belanjaan  yang tidak terlalu berat, membuang sampah kecil ketempat sampah, memindahkan barang yang ringan. Mereka pasti akan merasa bangga karena bisa membantu kita dan ini akan memupuk rasa percaya dirinya.

8. Jadilah teladan yang baik untuk anak


Parents anak-anak tentunya akan semakin besar mereka akan banyak mengetahuin berbagai informasi dari lingkungan sekitarnya, namun mereka akan kembali kepada orang tuanya sebagai sumber utama informasi mengenai perilaku yang bisa diterima. pastikan kita bersikap sesuai dengan yang kita ajarkan. Selalu diingat bahwa anak adalah peniru yang handal. Jika anak melihat orangtuanya tak takut mengekspresikan dirinya, maka mereka akan mencoba menjadi baik kepada orang lain dan sangat terbuka. Anak akan meniru perilaku percaya diri ini dalam hidup mereka.

SEMOGA BERMANFAAT PARENTS...




Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

10 comments:

  1. terimakasih tips-tipsnya Mbak :)
    sangat bermanfaat untuk orang tua yang punya anak balita seperti saya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, Alhamdulillah... SEMANGAT menjadi orang tua.. ;)

      Delete
  2. Wah baguuss bgt mak Fera,memang jd org tua yg baik itu harus trus menerus belajar ya mak, tfs!

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa mak, bukan anaknya aja yang belajar, tapi orang tuanya juga.. hihihi..SEMANGAT BELAJAR!! ;-)

      Delete
  3. Tips yang sangat bagus dan bermanfaat untuk mengurus anak. Keep writing jeung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiipppp pak.. hehhe.. Duhh, makasih banget nih udah berkunjung,, sering sering ya papa dan mama BinBin :-D

      Delete
  4. Setuju makkk....dan si kecilnya cantik sekali :)

    ReplyDelete
  5. Makasih Mbak tips-tipsnya, bermanfaat banget... *sambil manggut-manggut*
    Btw si kecil cantik banget...dan bajunya lucu-lucu... ^^

    ReplyDelete