Membiasakan Anak Meminta Maaf

Membiasakan Anak Meminta Maaf


Assalamualaikum Wr. Wb, 


Membiasakan anak meminta maaf. Saya exited banget melihat Zyan meminta maaf sama buyanya, karena zyan yang bercanda berlebihan sampai menggigit tangan buya, spontan buya meronta kesakitan dan berteriak "Zyannnnnn saaaakkiiiittttt". Dan Zyanpun nangis, stelah menangis zyan langsung meminta maaf dengan nada lirih "buya, maaf!!". WOW.. bikin muyyanya terharu sekaligus bangga. Di usianya yang ke 2 ini Zyan sudah bisa meminta maaf, memang sih tidak semua momen saat dia melakukan kesalahan dia spontan meminta maaf, terkadang dia juga malu atau segan. Dan tugas saya lah sebagai ibu selalu mengingatkan, agar dia pun tahu kapan dan pada kondisi seperti apa dia harus meminta maaf, misalnya jika mencubit teman, menginjak kaki teman, merebut mainan teman sampai temannya nangis dan masih banyak lagi.  Tapi memang kita sebagai orang tua harus konsisten terus mengajarkan apa yang kita ajarkan sejak awal. Mengajarkan anak meminta maaf bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu singkat. Maka dari itu intinya adalah KONSISTENSI orang tua yang harus terus mengajarkannya. (pengulangan kata.. :)

Hmmmm,,, buat sebagian orang meminta maaf bukan perkara yang mudah (suka liat sinetron.. hihihi). Nah, saya tidak mau Zyan menjadi orang yang kaya gini nih.. (knock on the wood). maka dari itu saya sampai saat ini selalu membiasakan Zyan meminta maaf untuk kesalahan sekecil apapun. Karena saya berfikir dengan mengajarkan Zyan meminta maaf sejak dini akan membentuk mental Zyan menjadi pribadi yang berani bertanggung jawab dan berani meminta maaf.. AAMiiinnnn !!




Parents, saya ingin sedikit sharing mengenai apa saja yang saya lakukan sampai sekarang untuk membiasakan Zyan berani meminta maaf... (kalo ada saran atau koreksi boleh langsung komen ya parents).
  • Sejak Zyan bayi saya selalu menceritakan dongeng sederhana yang intinya meminta maaf, berterima kasih dan meminta tolong. Dalam dongeng ini saya selipkan beberapa pesan pentingnya meminta maaf. contoh dr penggalan dongengnya : 'tidak sengaja di kancil menginjak kaki si kerbau, dan si kancil meminta maaf pada kerbau, sehingga mereka menjadi teman yang baik" yaaa... dongeng2 standar gituh,, (ga bakat dongeng) wkwkwkkk... saya juga selalu bilang ke Zyan bahwa Allah suka pada anak-anak yang meminta maaf jika berbuat kesalahan...
  • Sebagai orang tua saya sangat berusaha memberi contoh real pada Zyan untuk tidak malu meminta maaf jika salah. Saya selalu membiarkan Zyan melihat proses saya mengatakan "maaf ya", "Maafin muyya ya Z" dengan tujuan supaya dia bisa meniru saya dalam meminta maaf karena Zyan adalah peniru ulung hahaha.. tapi namanya anak kecil kadang doi angot gak mau minta maaf sm temennya kalo lagi berantem dan solusinya sy yg akan meminta maaf atas nama Zyan. Tujuannya supaya Zyan tahu bahwa meminta maaf itu bukan hal yang memalukan justru ini adalah perbuatan terpuji yang disukai ALLAH. Disini sy selalu mengingatkan Zyan bahwa ALLAH menyukai jika Zyan meminta maaf.. langsung deh dia lari nyamperin temennya dan meminta maaf dengan gaya bicara khasnya "Maafin Zyan ya"...                                  
  • Saya selalu menjelaskan alasan kenapa kita harus meminta maaf jika berbuat salah. Supaya Zyan bisa belajar bertanggung jawab pada suatu hal yang sudah ia lakukan. yaa, kalo salah harus meminta maaf. Pernah suatu saat Zyan mencubit pipi sepupunya namanya bang Ridho (3), karena tenaga zyan yg super menangislah bang Ridho sekeras-kerasnya, Zyan malah tertawa dan tdk mau meminta maaf. Akhirnya saya yang turun tangan untuk memperingatkan Zyan tentunya tidak boleh frontal ya parents.. krn saya tdk mau dia meminta maaf dengan terpaksa. pertama say a mengingatkan "boleh gak mencubit pipi orang?" "coba kalo pipi Zyan muya cubit!!sakit gak?" Zyan jawab "Sakit muya!.." "gak boleh cubit-cubit ya muy".. sy katakan lagi "Allah gak suka kalo Zyan bikin bang Ridho sakit".. Dia pun lari dan segera meminta maaf sama bang Ridho.. yaaa walopun abangnya masih dendam hihihi... 
  • Saya tidak hanya membiasakan dengan sekedar ucapan saja dalam mengajarkan Zyan meminta maaf tapi juga dengan bahasa tubuh, seperti bersalaman atau mengusap punggung temannya yang menangis karena kesalahannya.
  • Selalu mengingatkan Zyan kapan dirinya harus meminta maaf. Karena diusianya yang sekarang sy yakin dia sudah sedikit memahami mengenai hubungan sebab akibat seperti kalo gak minum jadi haus, gak makan jadi laper, dan berbuat kesalah yaaaa harus meminta maaf. 
  • Memberikan pujian adalah hal yang selalu saya lakukan setiap dia meminta maaf jika melakukan kesalahan pada teman, keluarga atau orang tuanya. Pujian ini sy berikan untuk memotivasi dia untuk melakukan hal yang sama jika salah dan tentunya tanpa harus mengulangi kesalahan.
  • Selain meminta maaf sy juga mulai mengajarkan pentingnya memaafkan orang lain yang berbuat salah padanya. Dengan saling memaafkan makan akan semakin disayangi teman dan tentunya disayang oleh Allah SWT. 
Itulah beberapa hal yang rutin saya lakukan kepada Zyan sampai sekarang sampai nanti dia benar-benar mengerti makna meminta maaf yang sebenarnya. Memang mengajarkan anak untuk meminta maaf bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dengan waktu yang singkat butuh waktu bertahun-tahun. Sekali lagi untuk mengajarkan anak membiasakan meminta maaf diperlukan KONSISTENSI orang tua dan tetaplah berkomunikasi baik dengan anak-anak.. lagi..lagi..lagi.. dan lagi... orang tua harus SABARRR.. SABARRRR.... SEMANGAT PARENTS.. !!!!!

^^Fera^^


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment