Tips Anak Hobi Makan ala Zyan


Assalamu'alaikum Wr Wb Parents..

"Bu, enak banget liat Zyan makan!!"
"Ya Ampun, Zyan mulutnya gak pernah berhenti ngunyah."\
"Apa sih resepnya biar anak mau makan kaya  Zyan gitu."
"Banyak makan, kok gak gendut ya."

Dan masih banyak lagi komentar dari para saudara, ibu-ibu, tetangga sampai orang tua murid di sekolah hehehe. Kalau para ibu-ibu muda yang masih punya balita sedang berkumpul pasti gak jauh-jauh dari ngomongin makan soal anaknya. Betul gak parents? Yang paling sering dikeluhkan adalah anak susah makan. Dari hasil observasi saya berkumpul dengan beberapa perkumpulan ibu-ibu (saudara, tetangga, arisan, teman kuliah, teman sekolah) hampir 80% mengeluhkan anaknya susah makan. Rata-rata para ibu tersebut mengalami kekhawatiran mengenai kecukupan gizi balitanya. Usia balita adalah usia tumbuh kembang maka kecukupan gizinya pun harus diperhatikan. Rata-rata mengeluhkan anaknya tidak mau makan dengan cara, menutup mulut, disemburkan, hanya mau makanan yang itu-itu saja, bahkan berlama-lama mengemut makanan. Waahh,, ini ni yang membuat para ibu kadang menjadi stress sendiri. Alhamdulillah ini tidak terjadi pada Zyan (jangan sampe deh!). Dalam kesempatan ini saya juga ingin sedikit berbagi mengenai tips-tips yang saya lakukan supaya nafsu makan Zyan tidak menurun.. Boleh dicoba parents!! Ini dia :

SUGESTI BAIK DARI DALAM KANDUNGAN

Kali ini saya ingin membahas soal anak perempuan saya Zyan, yang pada dasarnya sudah hobi makan. Karena saya adalah full mom maka setiap apa-apa yang Zyan akan makan sangat saya perhatikan. Dari Zyan pertana Mpasi sampai sekarang. Memang, kita sebagai orang tua dituntut cermat untuk memperhatikan pola makan si kecil. Ingat, ketika saya sedang hamil Zyan, saya selalu mengajaknya bicara "Dek, ketika kamu lahir nanti, kamu harus makan banyak ya! makan itu enak, rugi lho kalau kamu gak suka makan.." hihihi.. begitulah yang saya bicarakan ketika hamil Zyan. Aneh ya parents? Tapi ada kemungkinan ini tersugestikan juga..hehe.. Begitupun pada saat Zyan lahir saya selalu bicara "Zyan, nanti kalo sudah waktunya makan, makan yang banyak yah, makan itu enak!" 

Buuumm dan akhirnya hari pertama Mpasi pun tiba, benar saja ketika baru pertama saya berikan bubur susu dengan tekstur cair Zyan tidak pernah menolak makanan, bahkan saya lihat dia begitu mennikmatinya. Diminggu pertamanya Mpasi saya hanya memberinya bubur susu dengan tekstur asi (masih cair), lalu selanjutnya saya berikan sari buah masiih dengan tekstur cair. Setelah minggu kedua barulah saya mencoba berikan yang agak bertekstur tapi sangat halus yaa masih mendekati cair sih, dan dilahap juga dengan enaknya. Sampai akhirnya saya memberikan makanan yang agak padat seperti bubur tim diusianya yang menginjak 8 bulan dan Zyan pun tetap makan dengan semangat, hmm mungkin dia tersugesti dengan ucapan saya "makan itu enak" :-D . 

NO GULGAR UNDER ONE YEAR

Saya adalah penganut NO GULGAR UNDER ONE YEAR.Apa itu? yaa, tidak ada gula dan garam di makanan yang saya berikan untuk Zyan sampai umurnya di atas satu tahun. Seperti kata dokter, kebutuhan akan gula dan garam untuk anak di bawah satu tahun sangat kecil dan itupun sudah dipenuhi oleh asi. Kebetulan saya memberikan Zyan asi full 2 tahun. Kalau niat saya sih, biar Zyan gak ketergantungan rasa gurih. Kadang suka miris kalau anak belum setahun makanannya udah snack-snack gurih gitu. Kalau anak sudah kenal gurih,kemungkinan nafsu untuk makannya berkurang. Sebelum Zyan satu tahun, semua makanan dan cemilan saya olah sendiri, saya tidak pernah pakai makanan instan. Mungkin karena tidak terbiasa gurih nafsu makan Zyan tidak berubah sampai sekarang usia dua tahun. Ada juga sih momen tertentu disaat Zyan tidak mau makan seperti, sedang tumbuh gigi, dan sariawan. Jika ini terjadi biasanya saya siasati dengan makanan yang bisa langsung dia telan, seperti bubur. 

VARIASI MAKANAN DAN BUAT SEMENARIK MUNGKIN

Untuk menjaga nafsu makan Zyan yang begitu besar :-), salah satu strategi saya adalah membuat makanan yang berbeda-beda supaya dia tidak bosan. Ini juga bisa menjadi strategi para ibu yang anaknya susah makan, boleh dicoba dengan memvariasikan makanan setiap harinya. Bukan hanya makanan utama tapi juga untuk cemilan. Berikut ada beberapa contoh makanan yang saya buat untuk Zyan, supaya dia tidak bosan. 

Makanan Utama :


Nasi dengan scremble tahu dan tomato  chicken soup

Scramble egg with vege chesee
Nasi panggang campur sayuran dan ayam

Nasi goreng brokoli dan ikan lele saos sayuran plus keju

Nasi ayam brokoli

Nasi wortel dan ayam panggang saos sayuran plus keju
Nasi brokil dan sayur bayam (bawah) Ati ayam panggang brokoli saos tomat (atas)
Nah, itu tadi parents beberapa menu makanan utama Zyan. Sebelum usia satu tahun tidak saya tambah garam, tapi kadang saya memberi dengan sedikit keju, sedangkan untuk rasa manis saya tambahkan sari wortel. Tapi ketika sudah berumur lebih dari satu tahun saya tambahkan sedikit garam dan gula. Kalu untuk cemilannya :

Krim sup macaroni dan banana pancake saos apple
Brokoli siram keju (bawah) 


Untuk cemilan biasanya saya lihat dari ketersediaan bahan-bahan yang ada didalam kulkas. Saya sangat jarang memberi Zyan makanan-makanan instan terutama di usia sebelum satu tahun. 

Makaroni panggang keju dan sop jagung  creamy
Omelet saos tomat
Ada juga menu alternatif kalau Zyan lagi gak mau makan nasi (jarang banget sih!), biasanya karena sedang tidak enak badan. Alternatif pengganti nasi adalah kentang. 

Kentang Keju dan sayuran hijau

Itulah beberapa variasi makanan Zyan ala Muyya (mama) Zyan. Ayo parents dicoba buat variasiin makanan untuk anak-anak.. Selamat mencoba !

BUAT SUASANA MAKAN YANG MENYENANGKAN

Buat saya sebisa mungkin, tidak memaksa anak untuk makan, apalagi sampe dibentak. Sebelum waktu makan, biasanya saya memperhatikan mood Zyan terlebih dahulu. Ajak main atau bercerita yang dia suka. Setelah masuk waktu makan, saya sediakan langsung dimeja kecilnya dan happp langsung Zyan melahap makanannya sampai habis. Ingat ya parents jangan mengancam atau menakut nakuti anak saat makan supaya anak makan banyak, karena ini berpotensi menimbulkan trauma psikologis baginya. 

JADWAL MAKAN YANG TERATUR

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agak anak terbiasa dengan waktu makannya. Kapan sarapan, makan siang dan makan sore. Jangan lupa untuk memberikan buah dan cemilan di sela-sela waktu makannya. Kalau Zyan, jam setengah 7 sudah minta sarapan, jam 9 cemilan dan buah, jam 12 siang makan siang, jam 2 cemilan dan jam 4 sore makan sore. 

MAKAN BERSAMA

Selalu membiasakan makan bersama, karena biasanya nafsu makan anak akan bertambah jika mereka melihat orang lain makan. Ini juga bisa menjadi stategi jitu jika anak susah makan. 


Itu dia parents, beberapa cara yang saya lakukan untuk terus menjaga nafsu makannya Zyan. Bagaimana dengan parents?Apakah di kecil suka atau susah makan? Intinya, terus perhatikan asupan si kecil terutama dimasa tumbuh kembangnya.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Waahh tipsnya bagus banget dan komplit dengan contoh2 menunya lagi. Makasih sharingnya, Mbak.
    Kalau anak saya yg pertama picky eater, tapi yg kedua alhamdulillah apa aja mau dan makannya banyak :D
    Emang bener Mbak, kebiasaan dari bayi. Si nomer 2 saya sejak MPASI udah lahap banget maemnya, enggak pilih2 juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mak semangat... demi kesehatan anak-anak.. :)

      Delete