Membangun Bisnis Kecil Yang Sukses. Pasti Bisa!!!




Assalamualaikum Wr.Wb.

Sukses adalah Impian setiap orang

Membangun bisnis kecil yang sukses. Mungkinkah?? Saya yakin ini adalah hal yang sangat mungkin, dengan sikap yang tepat sukses bukan cuma impian. Dengan keyakinan akan Allah yang Maha Kaya, yang menyebarkan rezekinya di seluruh muka bumi ini, sukses tidak hanya mimpi. Tidak hanya manusia, hewan pun mendapat jaminan rezeki dari-Nya. Banyak sekali ayat-ayat al-Quran dan hadits Nabi SAW yang selalu mendorong agar manusia memiliki semangat dalam mencari karunia (rezeki) Allah SWT itu.  Allah SWT berfirman, 




Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur” (QS. Al-A’raf [7]: 10).




Allah SWT telah menjamin rezeki untuk setiap makhluk-Nya. Tiada suatu binatang melatapun yang tidak mendapat jaminan rezeki dari-Nya (QS. Huud [11]: 6)




Allah akan menjamin setiap rezeki manusia asalkan ia mau berusaha, karena sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mau merubahnya sendiri. Maka dari itu kuatkan keyakinan, mantapkan niat, berusaha, dan berdoa maka sukses bukanlah hanya sekedar mimpi. 




Sering mendengar pepatah "Lebih baik menjadi kepala semut daripada ekor gajah" (saya lupa dengar atau baca dimana ya??hehe..). Menurut saya inilah pepatah yang tepat untuk orang yang akan memulai suatu usaha. Usaha apa? Pribadi masing-masing yang menentukan. Menjadi entrepreneur adalah suatu hal yang mungkin bagi setiap orang yang berusaha. Banyak jalan menuju Roma, dan pastinya banyak jalan juga untuk menjadi entrepreneur sukses dari bisnis yang kecil. *motivasi diri* hihiihi. 




Banyak kisah dari para pengusaha sukses mengenai perjuangan mereka dimasa-masa sulit dulu. Rata-rata mereka membangun bisnisnya dari usaha yang kecil. Misalkan saja seorang STEVE JOB yang keluar dari kampus hanya untuk memulai usaha komputer kecil-kecilan dari dalam garasi rumah. Seorang Mark Zuckerberg yang melincurkan Facebook dari kamar asramanya, masa kecil Bill Gates yang penuh perjuangan. Itu nyata lho.. 




Memang jalan menuju sukses masing-masing entrepreneur itu berbeda-beda. Tetapi ada kesamaan di antara mereka yang bisa membantu orang lain dengan bisnis kecilnya menuju kesuksesan karena sukses dalam berbisnis berarti membangun diri sejalan dengan waktu -Ciputra-





KESIAPAN MENTAL




Berbisnis!! Identik dengan uang. Memulai bisnis juga butuh uang,,katanya!! Bisnis harus punya modal. Yaa semua itu memang tidak bisa dipungkiri. Namun, tidak melulu soal uang, soal modal. Yang paling utama adalah kesiapan mental. Bayangkan saja menjalankan bisnis tapi tidak punya kesiapan mental, walaupun banyak uang, nantinya justru akan merugikan diri sendiri dan bisnisnya. Karena kesiapan mental ini sangat menentukan keberlangsungan usaha. Namanya melakukan usaha pastinya harus siap dengan kemungkinan yang ada entah itu baik atau buruk!. Bagaimana menyiapkan mental???




Keyakinan. Kembali ke awal bahasan tadi, yakinkan diri. Percayalah dengan apa yang dijanjikan Allah. Yakinlah rezeki sudah ada, tinggal usaha kita untuk mendapatkanya. Kuncinya adalah terus berikhtiar. 

Motivasi diri. Memotivasi diri sendiri. Apa sih yang menjadi tujuan kita berbisnis? Untuk apa kita berbisnis? Misalkan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam segala hal. Dengan begitu teruslah menjalankan usaha sampai sukses sehingga kehidupan akan manjadi lebih baik. 

Hilangkan rasa malu alias cuek. Ini yang sangat menguji mental. Misalnya ketika membagikan brosur ada yang bilang "Masa lulusan S1 cuma dagang doank??"eng..ing..eng. Apa coba rasanya ketika kita mendengar itu?yaa pastinya malu. STOP!!Hilangkan rasa malu, biarlah orang mau berkata apa. Toh, yang menjalankan bisnis ini adalah kita. Kita harus bersikukuh, yaa walaupun kerap ditolak.hehe..

Konsisten dalam menjalankan usaha. Seiring berjalannya usaha, pastinya nanti akan ada rasa jenuh, putus asa, sehingga terfikir untuk berhenti ditengah jalan. Disinilah tantangannya dan harus segera disiasati, bagaimana untuk terus bertahan?terus berusaha dan jangan menyerah.

Mulailah Bisnis dengan :

KEBERANIAN. Tidak mudah memang mengubah zona nyaman menjadi zona tidak nyaman. Memutuskan untuk memulai bisnis/usaha adalah bagian tersulit. Dan sangat dibutuhkan keberanian untuk memulai hal ini. Berani yang tidak setengah-setengah kalo 50% berani, berarti 50%nya adalah ketakutan. Bagaimana supaya berani??kembali ke awal lagi. Yakin dan Percaya. Semakin kita yakin, semakin kita percaya dengan tujuan bisnis kita maka rasa takut itu perlahan akan hilang. Coba deh?. Walaupun kita mengetahui kemungkinan terburuk sekalipun, jika kita yakin dan percaya maka keberanian itu akan muncul.

TERUS BELAJAR. Belajar..belajar..dan belajar. Jangan pernah berhenti belajar, saat ini banyak sekali media untuk belajar mempelajari bisnis yang akan kita jalankan. Teknologi sudah semakin canggih, jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar. Belajar dari orang-orang sukses itu juga penting lho!!Apalagi usahanya masih sejenis dengan usaha yang kita geluti. 

HILANGKAN RASA TAKUT GAGAL

Mendengar kata gagal saja sudah takut ya??Apalagi kejadian..huffftt. Ketakutan akan kegagalan sering kerap kali menghantui pada penggiat usaha dan ini akan menghambat dalam membangun bisnis. CEO Wardour and Oxford, Wempy Dyocta Koto mengemukakan, ketakutan sering kali mendera pelaku bisnis pemula ketika mereka hendak menjalankan atau berpikir untuk berbisnis. Ketakutan yang paling besar dan sering dirasakan adalah kegagalan. “Pikiran pertama yang terbesit dalam benak banyak orang adalah bagaimana jika mereka gagal? Lucunya, itu muncul sebelum mereka mencoba untuk melangkah," ujarnya seperti dilansir Sindonews.com. 

Menurut Wempy, rasa takut akan kegagalan itu sebetulnya muncul dari ketidaktahuan mereka untuk memulai semua, darimana dan bagaimana? Ketidaktahuan para pemula itu disebabkan minimnya wawasan mereka tentang bisnis dan makna kesuksesan.
Definisi sukses, lanjut Wempy, justru ketika mampu mewujudkan ide yang dipikirkan dan menghadapi segala tantangan sambil belajar dari kesalahan yang terjadi. Ketakutan lain yang menurutnya wajib dihilangkan dalam diri bisnis pemula adalah rasa takut terhadap hinaan dan kritikan. 

Dia menyampaikan, banyak di antara mereka menganggap hinaan dan kritikan adalah musibah penanda ketidakbecusan dalam menjalankan bisnis. Sebaiknya hilangkan perasaan itu semua fokus pada bagaimana Anda dapat membangun bisnis.

Hal lain yang menghambat langkah bisnis pemula yaitu persoalan modal. Mereka takut memulai karena tidak memiliki modal. "Ketika hendak memulai bisnis, banyak di antara pemula yang merasa bingung dari mana mereka akan mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis. Ini persoalan yang kerap dialami," jelas Wempy.

Tulisan ini saya tujukan untuk suami saya tercinta Abdul Rosyid. Banyak sebenarnya yang ingin saya tulis, tapi mengingat waktu dan kondisi yang tidak bisa berlama-lama di depan laptop, karena tugas saya yang sudah menunggu didapur,,hehehe.. Pokoknya terus semangat bagi yang ingin memulai bisnis. Terus belajar, terus berdoa, terus berusaha dan sukses.. #salam sukses
^^Fera^^ 











Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment