Zyan 'Sang Brokoliwati' - Si Hijau Brokoli

Assalamualaikum Wr Wb 


Hallo parents..!! Kalo liat judul di atas pasti udah pd bisa tebak maksudnya.. Hehehe..yup.. Zyan suka banget sama yg namanya sayuran brokoli,,mau itu disayur, di bikin cemilan, bahkan cm direbus pake garem jg dia mau..pokoknya its oke wae yg penting brokoli, ibu-ibu tetangga malah pada tanya "kok bisa ya zyan suka bgd sm brokoli?" Padahal kebanyakan anak gak suka sayuran apalagi brokoli karena tekstur yang keras dan rasanya yang langu.. Hmmmm.. Mungkin karena makan sayur dan buah saya biasakan dari Zyan bayi, jadi dia terbiasa dengan rasanya. Baik itu makan utama sampai cemilan saya masukan unsur brokolinya,,hehehe.. *dicekokin bahasa betawinya.. :-D yaaa gak setiap hari banget sih kadang ganti bayem, wortel dkknya..

Saya mau bahas sedikit dari beberapa sumber yang saya baca soal sayuran hijau brokoli, biar saya dan parents tambah semangat bikinin menu makan yg sehat-sehat buat si kecil, salah satunya brokoli..
Brokoli berasal dari Italia berasal dari kata broccolo yang artinya 'cabang' . Brokoli merupakan sayuran berdaun hijau tua jenis Brassica, keluarga dari tanaman yang meliputi kangkung, kubis, dan kembang kol *inget pelajaran biologi hihihi.. 

Gak cuma di Indonesia brokoli juga merupakan salah satu sayuran yang paling populer di seluruh dunia yang digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan.. Wooww.. Sayuran ini bisa dimakan mentah atau dimasak. Tapi ada yang bilang cara terbaik adalah memakannya mentah sebagai salad, karena nutrisi didalamnya sangat baik jika dikonsumsi mentah.. Eheemmm pasti langu *tutup hidung.. Tapi ada juga yang bilang cara terbaik mengkonsumsinya dikukus karena nilai gizinya tidak akan hilang. Bisa juga direbus tapi tidak terlalu lama kurang lebih 5mnt, karena jika direbus terlalu lama nilai gizinya akan hilang. Sekarang tinggal kita para bu ibu mau masak dengan cara yang mana??.. kalo kata Zyan enak semua tapi kalo kata saya hmmmmm.... he..he

Brokoli telah lama dianggap sebagai salah satu makanan super yang dikemas dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.. Tuuhh kan banyak banget gizinya, jangan ragu-ragu ayo kita konsumsi brokoli.. *makinsemangat... dari kandungan gizinya aja brokoli ini sangat baik untuk menunjang pertumbuhan khususnya anak-anak. 

Berikut ini saya paparkan beberapa manfaat menkonsumsi brokoli :
  • Efektif Mencegah kanker.  Menurut penelitian brokoli memiliki kandungan indole yaitu senyawa antioksidan dan anti karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker dan dapat meningkatkan fungsi hati.                                                                                                                   
  • Mengontrol Kolesterol dan Tekanan darah tinggi. Serat pada brokoli mampu mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh dan mengontrol takanan darah tinggi.                                          
  • Menjaga Kesehatan Mata. Brokoli merupakan sumber vitamin A untuk membentuk retina, sehingga memberikan penglihatan yang lebih baik. selain itu,  Karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak.
  • Menjaga Kesehatan Jantung. Karotenoid lutei pada brokoli juga dapat mencegah penebalan arteri pada jantung, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung, terutama stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.
  • Diet Berat Badan.  Brokoli sangat rendah dalam kalori dan banyak mengandung serat bisa membantu menurunkan berat badan. Brokoli juga membantu memberikan efek kenyang yang lebih lama. 
 Subhanalloh ya... sebuah brokoli yang berwarna hijau terkandung manfaat yang begitu besar.. Allahu Akbar!!Tapi ya,, yang gak suka brokoli juga banyak loh.. *hasil survey dilingkungan saya. Brokoli memang gak seenak bayem atau wortel tapi kandungan gizinya melimpah dan baik buat tubuh. 

Buat bu ibu yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli ke si kecil, bisa coba memvariasikan olahan brokoli. Ini yang saya lakukan ke Zyan dari dia bayi. kalau untuk makan brokoli bisa dicampur dengan sayur sop, kalau untuk cemilan bisa di kukus lalu disiram saus keju atau mayo, bisa dicampurkan dengan omelet. yaaa sesuai kreasi kita aja parents... Alhamdulillahnya Zyan cm dikukus tambah garem sedikit juga lahap makan brokoli nya :-D . 

AYoo bu Ibu kita selalu memberikan anak-anak makanan sehat !!!! SEMANGAT
^^Fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

9 comments:

  1. Brokoli memang kaya manfaat yaaa, anakku juga sama mba, suka brokoli juga, rasanya menang manis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, super banget deh brokoli ini..Ayo mba semangat kasih anak makanan yang sehat2 terutama sayur dan buah, tp aku sendiri gak terlalu suka brokoli mba..hehehe..:-D

      Delete
  2. aku kemarin abis masak brocoli tepung... hehe salam kenal mbak.. brocoli emang baik untuk kesehatan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak..:-) .. wahhh enak juuga tuuh mbak pake tepung digoreng jadi kriuk-kriuk.. hmmmm.. enak dan sehat..

      Delete
  3. Biasanya saya campur ke pasta brocoliinya enak deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh boleh dicoba tuh mba, kebetulan aku blm cb yg campur pasta.. :-)

      Delete
  4. Saya termasuk yang pilih2 sayuran, termasuk brokoli hiks, padahal kaya manfaat yaa...mungkin ibu saya gak ngecekokin dari kecil #eh :D

    ReplyDelete
  5. Hihihi... Sama kaya saya mak, saya juga pilih-pilih, makanya saya cekokin aja anak saya biar suka . hehehe

    ReplyDelete
  6. Jadi pingin banyak makan sayur ni setelah tau manfaatnya buat badan
    Brokoli itu cruchy,,,enakk

    ReplyDelete