Ibu Pendidikan

Moms.. Menjadi seorang ibu adalah idaman hampir setiap perempuan di dunia ini. Menikah dan melahirkan anak-anak adalah hal yang sangat membahagiakan, dengan hal ini wanita akan merasa dirinya sempurna. Tapi moms tidak hanya sampai disitu setelah melahirkan anak, kita juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga dan mendidiknya..

Memang tidaklah mudah menjadi seorang ibu dengan tanggung jawab yang besar untuk mendidik anak-anaknya. Anak adalah titipan sang pencipta maka kita wajib menjaganya, mendidik dan mendampinginya hingga kelak mereka menjadi anak kebanggaan agama, orang tua bahkan bagi negaranya.

Saya tertarik dengan sebuah artikel yang pernah diunggah oleh fanpage facebook Familyguide mengenai Ibu pendidik di Jepang. Berikut artikelnya moms :

Di Jepang ada namanya “kyoiku mama” (ibu pendidikan) para ibu di Jepang rata-rata tidak bekerja, tapi hanya untuk mendidik dan mengurusi anak2 mereka mulai bangun, berangkat pulang sekolah, kursus, les, sampai tidur lagi, semuanya di bawah didikan sang ibu.

Para kyoiku mama ini menanamkan kesopanan, kebersihan pada anak mereka, rata2 mereka lulusan S1/S2. Mereka sekolah tinggi bukan untuk berkarier tapi “mendidik anak” itulah karier mereka yang tertinggi.

Dan kemajuan ekonomi Jepang adalah karena ditopang oleh kyoiku mama ini makanya tidak heran kalau orang Jepang itu disiplin, etos kerja tinggi, menjaga kebersihan itu semua hasil didikan para kyoiku mama, sehingga sekolah hanya untuk menstransfer ilmu saja.

Sementara “Ryousai kenbo” adalah slogan yang kembali digalakkan pemerintah Jepang, istilah ini muncul di jaman restorasi Meiji dan banyak dianut keluarga Jepang untuk mewujudkan keluarga harmonis ideal.

Ryousai: istri yg baik
Kenbo: ibu yang bijaksana

Intinya menyerukan bahwa wanita peran terhormat sebagai istri yang baik dan bijaksana, pembagian peran alami sesuai fitrah antara perempuan dan laki laki.

Peran perempuan sebagai menteri dalam negeri dan motivator domestik rumah tangganya dan peran lelaki jadi menteri luar negri keluarganya sebagai motivator logistik dan publik.

Di Jepang peran ini kembali digalakkan karena sekarang perempuan memilih melajang menjadi wanita karier sehingga presentasi pertumbuhan penduduk muda usia produktif di negara mereka menurun.

Tentu saja kasus kekerasan remaja dan bunuh diri di Jepang pada usia sekolah terus bertambah karena tidak terpenuhinya kualitas hubungan ibu dan anak yang menunjang pertumbuhan emosi anak.

Jadi wajar pemerintahan Jepang sangat memberi tempat terhormat pada peranan ibu rumah tangga yang berkualitas, karena kemajuan bangsanya kelak pun tetap ditopang oleh kualitas ibu-ibu rumah tangganya sebagai pembentuk kualitas karakteranak anak mereka.

Sungguh luar biasa, “ibu rumah tangga adalah profesi idaman” di Jepang. Bagaimana dg kita???

Betapa besar peran seorang ibu untuk membentuk kualitas karakter anak-anaknya sehingga membentuk anak-anak yang tangguh.  

Ayo moms tetap semangat menjadi ibu yang cerdas dan kuat :) ..

Semoga bermanfaat moms !! :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments:

  1. Ibu itu emang pendidikan paling awal buat anak sih mbak, ah Zyan punya supermom!

    Salam,
    Ara

    ReplyDelete