"Aku Mulai Belajar Berbicara"

Moms... Bagaimana perkembangan si kecil sekarang? Pastinya semakin bertambahnya usia semakin banyak kemampuan si kecil terutama berbicara, pada umumnya si kecil memulai kata pertamanya 10-14 bulan ketika lidah dan bibir mereka mulai lincah dan otaknya mulai cepat untuk mengasosiasikan objek dengan sebuah kata. Namun moms memang kemampuan pertumbuhan dan petkembangan anak ini memang berbeda-beda.

Namun moms ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menambah perbendaharaan kata si kecil (ini saya juga coba terapkan pada dedek zyan (dz)). Saya baca  dari berbagai sumber moms, dan hasilnya Alhamdulillah di usianya dz yang ke 14 bulan saat ini sudah lumayan banyak perbendaharaan katanya.. :) Saya coba berbagi ya moms :)

Membacakan buku. Ini sering saya lakukan pada dz moms, tidak hanya membacakan bukunya saja moms tapi ajak juga si kecil melihat gambarnya misalnya "Ada seekor sapi memakan rumpu", moms bisa langsung tunjukkan gambar sapi dan rumputnya.. Selain membacakan buku moms juga harus sering mengobrol/berbicara dengannya dan tentunya dengan menggunakan kosa kata yang baik karen si kecil akan cenderung meniru.

Mengenalkan kata-kata baru pada saat bermain. Misalnya pada saat moms menemaninya bermain rumah-rumahan perkenalkan semua benda yang ada didalam rumah seperti kursi, meja, lampu dll.

Bernyayi bersama. Lebih baik bernyanyi dengan nyanyian yang mengenalkan si kecil pada sesuatu seperti Alphabet, huruf hijaiyah, warna, benda dll. Selama ini saya juga sudah mengenalkan lagu pada dz tp hanya sebatas mengenalkan saja tanpa harus mengguruinya.

Dorong si kecil untuk menyampaikan keinginan dan kebutuhannya. Misalnya ketika gelasnya kosong biarkan si kecil memintanya pada moms.

Perbaiki kata-katanya tanpa  mengguruinya. Misalnya si kecil meminta makan hanya mangucapkan "mamam" . moms bisa memperbaikinya dengan  "Adik mau makan?". Dan juga moms jangan membiasakan berbicara cadel dengan si kecil. Misalnya semut menjadi cemut, bolong menjadi lolong.. Katakan saja yang sebenarnya..

Nah itu sedikit moms yang bisa di sharing, semoga kita tetap menjadi ibu yang kuat ya moms..

Semoga bermanfaat :)...

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment