HUJAN itu BERKAH

Assalamualaikum Wr. Wb.


Rasanya hari ini enggan sekali beranjak dari tempat tidur, hujan yang turun sejak semalam membuat raga ini enggan meninggalkan tempat tidur, bantal, guling dan selimut.. *itulah yang terjadi pagi ini.. ihhhiiiyy.. Tapiiii.. ketika menarik selimut ada bisikan "woi, cucian numpuk.." Alamak!!! dan akhirnya mengurungkan niat untuk menarik selimut tetapi melipat selimut. Cucian kotor yang menumuk di keranjang cucian sudah memanggil. Akhirnya pagi-pagi buta mulailah berjibaku dengan setumpuk pakaian kotor. Tidak itu saja, Allah menciptakan wanita itu multi talent, sembari mencuci pakaian kotor, diselingi dengan memasak sarapan. Sesekali menengok ke jendela, hujan pun masih mengguyur, sesekali juga saya merebahkan kepala di atas kulkas sambil memejamkan mata *masih ngantuk hihihi... (masih jam 05.30 pagi). 

Singkat kata singkat cerita, mencuci dan memasak sarapan pun akhirnya selesai.. Alhamdulillah. Intip jendela masih hujan, Sempat terbersit nanti belanjanya bagaimana nih kalau hujan, karena saya belanja cukup jauh di tukang sayur langganan. yaaa kurang lebih 3 menitan sampai di tempat mangkal tukang sayur *hihihi ;-p. Tidak lama hujan berhenti "Alhamdulillah". Saya dan Zyan pun langsung menyambangi mbak sayur, sibuk memilih menu, gak kerasa ternyata sudah hampir 30 menit berada disana. Karena kelamaan, akhirnya hujan lagi,, "yaa pake hujan lagi, mana gak bawa payung" Akhirnya mbak sayur yang baik hati meminjam payungnya kepada saya dan Zyan. huuffttt...pasti saja mengeluh karena turun hujan. Boleh gak sih mengeluh karena hujan???

Sepertinya musim hujan sudah tiba. Setelah sekian lama kita di Indonesia menunggunya. Sebelumya sempat kita dengar berita kekeringan di beberapa daerah di Indonesia. Sebenarnya tak hanya manusia yang menunggu datangnya hujan, hewan dan tumbuhan pun sama. Karena semua makhluk hidup di muka bumi ini sangat membutuhkan air. Hujan yang jatuh dari langit merupakan rahmat dan berkah yang tak ternilai dari Allah SWT. 

"Dan Kami turunkan dari langit air yang diberkahi (mubaraak)... "(Qaaf:9)

Subhanalloh ya, bahkan Allah telah berfirman di Al Quran bahwa setiap tetesan air huja itu berkah. Maka, janganlah kita mencaci datangnya hujan. Tidak hanya itu keberkahan turunnya hujan untuk makhluknya sebagai suatu nikmat juga banyak dalam ayat Al-Quran diataranya :

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan” (An-Nahl:10-11)

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)” (Al-Furqaan:48-50).

Maha besar Allah dengan segala firman-Nya. 

Jujur saja, sebagai manusia biasa, saya pun sering banget mengeluh karen hujan.  Misalnya ketika ada rencana pergi ke luar rumah tiba-tiba hujan "yaaahh, pake hujan lagi".. Apalagi kalau cucian dirumah lagi banyak terus hujan,,jadi kesel, (dasar ibu-ibu yaaa,,hehe). Tapi ketika saya menyadari, betapa banyak manfaat dari keberkahan hujan. Dari hujanlah manusia menenggak minum, begitu juga dengan hewan dan tumbuhan, hujan pun bisa menumbuhkan sayuran dan buah-buahan yang bisa kita konsumsi. Subhanalloh, nikmat mana lagi yang kamu dustakan?? ...

Aduuhh, malu banget sama Allah kalo inget selalu mengeluh, mengeluh dan mengeluh disaat hujan.
Kadang yang kita takutkan adalah terjadinya musibah karena datangnya hujan. Namun mengapa jika air hujan disebut Al Quran sebagai rahmat dan berkah, mangapa bisa terjadi banjir dimana-mana?

Allah SWT berfirman dalam surah al-Ruum, ayat 41;  

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Catatan banget buat saya, Yuuk kita syukuri turunnya hujan.

^^fera^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Yup setuju dengan opininya mbak untuk selalu mensyukuri situasi apapun yang terjadi. Jangan ngedumel yang lain-lain dibelakang ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Suka deh bacanya,reminder bgt nih mak Fera, te o pe. Haha sama,walopun pg pengennya tidur lagi,tetep aja aq pun ga bisa merem lagi

    ReplyDelete